• 08112635864

  • smknegeri1puring@gmail.com

SMK Negeri 1 Puring merupakan sekolah pelayaran terbaik yang berada di Kabupaten Kebumen.
Senin (03/04), seluruh siswa SMK secara serempak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan UN disejumah daerah masih mengalami kendala.
Dalam memperingati kegiatan Upacara Rutin SMK N 1 Puring

Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA SMK NEGERI 1 PURING


Letak Geografi

Kabupaten Kebumen, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan ibukotanya adalah Kebumen. Secara geografis Kabupaten Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Bagian selatan Kabupaten Kebumen merupakan dataran rendah, sedang pada bagian utara berupa pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu. Di selatan daerah Gombong, terdapat rangkaian pegunungan kapur, yang membujur hingga pantai selatan. Daerah ini terdapat sejumlah gua dengan stalagtit dan stalagmit.

Perbatasan
Batas wilayah kabupaten Kebumen pada sebelah Utara adalah Kabupaten Banjarnegara, sebelah Selatan adalah Samudra Hindia, sebelah Barat adalah Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap serta sebelah Timur berbatasan dengan  Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo

 

Luas Wilayah dan Penggunaan

Kabupaten Kebumen mempunyai luas wilayah sebesar 128.111,50 ha atau 1.281,11 km² dengan kondisi beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan pegunungan, namun sebagian besar merupakan dataran rendah.

Dari luas wilayah Kabupaten Kebumen, tercatat 39.768,00 hektar atau sekitar 31,04% sebagai lahan sawah dan 88,343.50 hektar atau 68.96% sebagai lahan kering.
Menurut penggunaannya, sebagian besar lahan sawah beririgasi teknis dan hampir seluruhnya (46,18%) dapat ditanami dua kali dalam setahun, sebagian lagi berupa sawah tadah hujan (33,82%) yang di beberapa tempat dapat ditanami dua kali dalam setahun, serta 11,25% lahan sawah beririgasi setengah teknis dan sederhana.
Lahan kering digunakan untuk bangunan seluas 35.985,00 hektar (40,73%), tegalan/kebun seluas 28.777,00 hektar (32,57%) serta hutan negara seluas 16.861,00 hektar (19,08%) dan sisanya digunakan untuk padang penggembalaan, tambak, kolam, tanaman kayu-kayuan, serta lahan yang sementara tidak diusahakan dan tanah lainnya.

 

Pengembangan Pendidikan

 Letak geografis wilayah Kabupaten Kebumen yang berbatasan langsung dengan samudera Indonesia merupakan modal yang tersendiri dalam upaya meningkatkan pembangunan guna memajukan perekonomian. Untuk mewujudkan peningkatan perekonomian melalui sector kelautan dan perikanan tentu diperlukan berbagai sarana prasarana serta fasilitas pendukungnya seperti kapal penangkapan ikan yang memadai, fasilitas penyimpanan hasil tangkap yang memadai, pengelolaan hasil tangkap yang memadai dan lain-lain. Termasuk di dalamnya adalah semua yang terkait dengan proses, pengambil kebijakan, penyiapan sumber daya, dan sebagainya yang tentu tidak dapat dijalankan seadanya. Persiapan-persiapan secara bertahap tapi penuh perencanaan matang dan sistematis perlu dilakukan.

Kabupaten Kebumen telah memiliki Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Peperla) yang salah satunya menangani tentang pengembangan dan pengelolaan hasil laut. Guna lebih memajukan sektor kelautan dan perikanan serta sejalan dengan arah pengembangan pendidikan menengah kejuruan untuk mewujudkan 100 lembaga diklat Kejuruan yang bertaraf Internasional Nasional dan 500 lembaga bertaraf Nasional, dengan menggali potensi wilayah di Kabupaten Kebumen yang memiliki letak geografis berada di dekat laut, maka sebagai rintisan awal untuk mengembangkan potensi kelautan tersebut didirikan sekolah yang tamatannya diarahkan sebagai sumber daya manusia yang dapat mengelola hasil laut, Pemerintah Kabupaten Kebumen mendirikan sekolah rintisan Bidang Keahlian Pelayaran dengan membuka Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Teknika Perikanan Laut (TPL) pada tahun pelajaran 1999/2000. Ruang belajar saat itu masih berada satu atap di bawah naungan SMK Negeri 2 Kebumen, Jl. Joko Sangkrip No.   Kembaran, Kebumen dengan Kepala Sekolah Bapak Sumaryanto, S.Pd.,MM.Pd. Mempertimbangkan setelah beberapa kali meluluskan, dan outputnya dapat terserap di dunia kerja terutama PT. PUMI Jakarta pada bidang pelayaran/penangkapan ikan, pemerintah merencanakan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dengan program keahlian unggulan Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Teknika Perikanan Laut (TPL).

 

Pada tahun 2004 beberapa lokasi disurvei guna memenuhi persyaratan USB tersebut seperti Kecamatan Ayah yang memang lokasinya dekat pantai dan memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sehingga adanya USB tersebut diharapkan memacu pertumbuhan perkonomian dengan lebih efektif dan optimal. Namun kemampuan menyediakan lahan yang memadai menjadi kendala, sehingga akhirnya Kecamatan Puring yang letaknya juga dekat pantai, dapat menyediakan lahan juga dengan pertimbangan sarana transportasi lebih mudah, akhirnya USB dibangun di wilayah kecamatan Puring. Secara geografis USB terletak pada koordinat dengan Latitude 7o 44'47.74" S Longitude 109o 29'29.29" E. Secara resmi USB yang diberi nama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Puring didirikan pada tanggal 1 Oktober 2004 sesuai Surat Keputusan Bupati Kebumen Nomor 624.5 / 621 / KEP / 2005 tanggal 21 Maret 2005 yang ditandatangani oleh Bupati Kebumen Hj. Rustriningsih, M.Si. Sebagai sekolah baru, yang belum memiliki kepala sekolah definitive, maka diangkat sebagai pelaksana tugas (Plt) adalah Bapak Drs. Suwartono. Adapun ketua komite Sekolah adalah Bapak Sumarno, S.Sos yang pada waktu itu menjabat sebagai Camat Puring.

Bagikan :

Kategori
File Download
Polling
Apakah informasi di website kami sudah lengkap..?

Legkap
Cukup Lengkap
Kurang Lengkap